123.805 Surat Suara Mulai Dilipat

  • Whatsapp
Suasana pelipatan surat suara Pilgub Babel di Kantor KPU Bateng Senin (30/1/2017) cukup ramai. Sebanyak 66 warga sekitar Koba dilibatkan untuk melipat suara suara tersebut.(foto: ran)

Melibatkan 66 Warga Koba
Biaya Rp100 Per Lembar

KOBA – Sebanyak 123.805 surat suara Pilgub Babel 2017 di Bangka Tengah (Bateng) mulai dilipat dengan melibatkan sebanyak 66 warga, yang berlangsung di Kantor KPU Bateng, Senin (30/02/2017).

Pelipatan yang dijadwalkan dua hari tersebut, dilakukan sebanyak tiga kali lipatan dimulai pukul 08.15 WIB kemarin.

Sebelum kegiatan pelipatan dimulai, Ketua KPU Bateng Suryansah memberikan arahan kepada warga yang ditugaskan dalam pelipatan, bagaimana cara pelipatan, tidak boleh membawa senjata tajam, dilarang bawa makan minum, anak kecil. Bahkan katanya, petugas pelipatan diwajibkan memakai identitas berupa ID dan menyertakan KTP.

“Pelipatan sudah kita mulai senin pagi tadi (kemarin-red) sejak pukul 08.15 WIB, dengan melibatkan 66 warga di wilayah sekitar Koba. Jumlah surat suara yang dilipat sebanyak 123.805 lembar, sedangkan yang kurang ada 61 lembar yang sampai sekarang belum didistribusikan ke KPU Bateng,” ujar Apit, Divisi Umum, Rumah Tangga, Organisasi dan Logistik, KPU Bangka Tengah, kemarin.

Ia mengatakan, biaya pelipatan surat suara sebesar Rp100 rupiah per lembar dengan jumlah 123.805 lembar surat suara. Masa pelipatan dijadwalkan selama dua hari, namun diperkirakan sehari selesai surat suara dilipat.

“Soal surat suara yang kurang sebanyak 61 lembar, soal kapan tibanya dari KPU Provinsi belum tahu. Jumlah lipatan sebanyak 3 kali lipatan. Diperkirakan sebanyak 1 hari dari yang dijadwalkan selama 2 hari. Mulai pukul 08.15 WIB,” tegasnya.

Ia menambahkan, tenaga pelipat ditandai identitas berupa ID dan KTP, arahan dari Ketua KPU Bateng, tidak boleh bawa sajam, makan minum, anak kecil.

“Dalam pelipatan surat suara ada aturannya, ada hal-hal yang dilarang dan tidak diperbolehkan, makanya sebelum pelipatan dikasih arahan oleh Ketua KPU Bateng,” terangnya.

Usai tahapan pelipatan ini, tahapan berikutnya memasukkan surat suara ke dalam sampul, dengan jumlah sesuai DPT per TPS. Sedangkan untuk pendistribusian logistik di wilayah Bateng akan dilaksanakan secara serentak H-2.

“Untuk tahapan berikutnya kita akan menunggu logistik yang belum didistribusikan, jika sudah lengkap dan siap, maka pada H-2 secara serentak didistribusikan,” tukasnya. (ran/3).

Related posts