by

12 Ribu Pemilih Milenial di Babel Sudah Rekam KTP-e

PANGKALPINANG – Sebanyak 12 ribu pemilih milenial atau pemilih pemula di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sudah melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e). Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Babel, Susanti belum lama ini.

“Wajib KTP-e hingga semester dua yang sudah merekam sebesar 100,18 persen, tapi kita targetkan hingga Pemilu 2019 ini semakin banyak penduduk yang merekam.Pemilih milenial ini, berhasil disasar melalui sistem jemput bola yang dilakukan dukcapil masing-masing kabupaten dan kota,” kata Susanti.

Lebih lanjut Susanti mengatakan, perekaman KTP-e pemilih pemula ini bukan hanya bagi yang sudah berusia 17 tahun, tetapi juga bagi pemilih milenial yang pada hari pencoblosan nanti 17 April 2019 genap 17 tahun.

“Bagi yang belum 17 tahun saat ini sudah di rekam, tetapi KTP-e nya belum dicetak karena usianya belum 17 tahun, tapi nanti kalau suda 17 tahun sebelum 17 April KTP-e akan kita cetak dan diserahkan kepada mereka, sehingga mereka pemilih pemula ini juga bisa menggunakan hak suaranya,” beber Susanti.

Dia menambahkan pemilih milenial yang sudah melakukan perekaman itu berada di seluruh sekolah di Babel, sementara untuk pemilih milenial di tengah-tengah masyarakat masih harus dilakukan pendataan. “Kami datangi sekolah-sekolah yang ada, didata siapa saja siswa yang sudah 17 tahun ataupun memasuki 17 tahun, kita rekam datanya dan kita berikan pemahaman,” tambahnya.

Susanti berharap, kepada para pemilih pemula ini bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani dan hak masing- masing. Sementara itu, untuk pemilih disabilitas, pihaknya sudah memerintahkan dukcapil kabupaten dan kota jemput bola bekerjasama dengan dinas sosial, dengan menyasar panti-panti sosial dan juga rumah sakit.(nov/10)

 

Comment

BERITA TERBARU