118 Peserta Bersaing di MTQ Kecamatan Simpang Rimba

  • Whatsapp
Pengambilan sumpah dewan hakim MTQ Kecamatan Simpang Rimba (ist)

SIMPANGRIMBA – Musyabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat kecamatan Simpang Rimba dibuka secara resmi oleh Camat Simpang Rimba, Eka Suwari, Jumat (14/2/2020). MTQ yang mengambil tema “Melalui musyabaqoh tilawatil qur’an tingkat Kecamatan Simpang Rimba, kita gali potensi minat dan bakat menuju generasi qur’ani yang unggul, cerdas dan berakhlakul karimah” digelar di halaman Masjid Nur Annajah Desa Bangka Kota.

 

Read More

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan pemukulan bedug  oleh Camat Simpang Rimba dan Kabag Kesra Setda Basel, Ketua LPTQ Basel Gunawan, S.Pd.I  Pembukaan MTQ  di awali dengan pawai ta’aruf yang mengelilingi jalan Desa Bangka Kota oleh seluruh peserta dari 7 desa di kecamatan Simpang Rimba.

 

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah para dewan hakim Musabaqoh Tilawati Qur’an. Ketua Panitia Pelaksana Darwin menyampaikan bahwa MTQ tingkat kecamatan ini akan diperlombakan 6 cabang perlombaan, diantaranya cabang tilawah Al Qur’an sebanyak 46 peserta, cabang Hifz Al Qur’an, sebanyak 12 peserta, cabang Fahm Al Qur’an, sebanyak 12 peserta, cabang Syahr Al Qur’an, sebanyak 10 peserta, cabang Khath Al Qur’an, sebanyak 36 dan cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an, sebanyak 2 peserta.

 

Dari 6 cabang tersebut  total keseluruhan peserta sebanyak 118. Darwin melanjutkan bahwa setidaknya ada 4 tujuan dari kegiatan mtq ini yaitu untuk menyemarakkan syiar Islam di kecamatan Simpang Rimba, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

 

“Selain itu, lebih meningkatkan minat dan semangat generasi muda dlm menanamkan kesadaran dalam perbaikan mental dan rohani serta tetap mempertahankan kaidah islam dan kesenian kebudayaan Islam” ujarnya.

 

Sementara itu, Kurniawan, Kades Bangka Kota berharap agar kegiatan ini bukan hanya sekedar mencari juara, tetapi lebih dari itu, yaitu untuk memfilter generasi muda dari pengaruh negative. MTQ ini akan di laksanakan selama 3 hari yaitu hari jumat (14/2) hingga hari Ahad (16/2). (raw)

Related posts