1 Januari 2020, TTE Wajib Diberlakukan

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Mulai 1 Januari 2020 mendatang, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di kabupaten dan kota wajib menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Dengan TTE, diyakini akan mempermudah layanan kepada masyarakat dan lebih efisien, terutama dari segi waktu.

“Tahun ini beberapa kabupaten sudah ujicoba, tapi belum menerapkannya, tapi tahun depan per 1 Januari 2020 sudah harus diberlakukannya semua daerah,” kata Kepala DP3ACSKB Babel, Susanti kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Kabupaten yang sudah mulai menerapkan TTE diantaranya adalah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka yang akan menggunakannya dalam waktu dekat.

“Semester ini nanti kita minta semua kabupaten sudah mulai menerapkan TTE kita coba dulu,” imbuhnya.

TTE, kata Susanti jauh lebih efektif dan efisien untuk tandatangan KTP dan KK, tidak harus menunggu kepala dinas ada di tempat, sehingga warga yang ingin mengurus KK dan KTP bisa dilayani lebih cepat.

“Masyarakat akan lebih cepat terima pelayanan, ada tidak kepala dinas di tempat, tetap bisa dilayani dengan cepat, efisiensi lebih prima,” ulasnya.

Dia mengakui, tugas kepala dinas dukcapil memang sangat dibebankan dengan tanda tangan, selain harus menandatangani berkas pelayanan, juga menandatangani berkas-berkas yang sifatnya kedinasan.

“Saya sudah pernah jadi kepala dukcapil, tangan ini rasanya capek tanda tangan, teman saya bahkan ada yang tangannya jadi susah digerakkan,” bebernya.

Belum lagi, tambahnya, ketika kepala dinas tak berada di tempat, atau sedang sakit, tetap saja disodorkan berkas yang harus ditandatangani.

“Menggunakan TTE ini jauh lebih efektif, makanya kita berharap nanti bisa diterapkan di Babel sehingga pelayanan lebih maksimal,” pungkasnya. (nov/10)

Related posts