by

1 Bacaleg Bangka Tengah Mengundurkan Diri

-Politik-322 views

Dari Partai Gerindra, Karena tidak Siap

KOBA – Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Bangka Tengah 2019 terdapat satu Bacaleg perempuan dari Partai Gerindra mengundurkan diri karena tidak siap. Penggantinya pun sudah diusulkan dan sedang melengkapi berkas Bacaleg ke KPU Bangka Tengah.

“Ada satu Bacaleg perempuan dari salah satu partai mengundurkan diri karena tidak bersedia. Setelah mengundurkan diri, kekosongan nama itupun langsung diusulkan oleh partai yang bersangkutan. Saat ini nama penggantinya sudah ada dan sedang melengkapi berkas pencalonan di KPU,” ujar Komisioner KPU Divisi Teknis, Perencanaan dan Data Marhaendra Yuliansyah saat dikonfirmasi Rakyat Pos Senin pekan kemarin.

Dikatakannya, dalam DCS, Bacaleg yang boleh diganti karena meninggal dunia (MD), berkas Tidak Memenuhi Syarat (TMS), ada laporan masyarakat terkait ijazah palsu atau sejenisnya, kejahatan anak, data ganda, fakta integritas sebagai napi yang tidak diumumkan ke publik dan mengundurkan diri. Untuk syarat mengundurkan diri ini tidak berlaku bagi Bacaleg laki-laki.

“Bila dia perempuan pun kalau tidak berpengaruh terhadap keterwakilan kuota 30 persen perempuan, tetap tidak bisa diganti,” ungkapnya.

Ia menerangkan, selama dalam DCS, maka Bacaleg bisa diganti. Sedangkan, jika Daftar Calon Tetap (DCT) telah ditetapkan dan diumumkan ke publik, maka Bacaleg tidak bisa diganti.

“Bila ada kasus dan itu pidana yang menimpa si Bacaleg yang sudah dalam masa DCT, maka kami tegaskan tidak bisa diganti. Nama yang bersangkutan tetap dicoret. Mudah-mudahan di Bangka Tengah tidak ada, dan memenuhi syarat semua,” tuturnya.

Ia menambahkan total Bacaleg DPRD Bangka Tengah Tahun 2019 yang Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 305 orang, sedangkan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) berjumlah 13 orang.

“Dengan adanya satu Bacaleg yang mengundurkan diri tidak mengurangi jumlah Bacaleg yang telah ditetapkan sebanyak 305 orang dari total 318 Bacaleg. Karena yang mengundurkan diri tersebut telah diganti, jadi jumlahnya tidak berkurang,” tegasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU