1.300 Personel Gabungan Dikerahkan

  • Whatsapp

Untuk pengamanan penyelengaraan Motor Cross Grand Prix (MXGP) World Championship yang berlangsung di sirkuit GOR Sahabudin Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), sebanyak 1.300 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan Senkom dikerahkan sejak Jumat (3/3/2017) hingga Minggu (5/3/2017).
Kabid Humas Polda Babel, AKBP Abdul Mun’im menyebutkan, 1300 personel gabungan dalam pengamanan MXGP tersebut dengan rincian personel Polda Babel sebanyak 986 orang, TNI ada 181 orang, Dishub berjumlah 60 orang, Satpol PP sekitar 60 orang dan Senkom 10 orang.
“Personel yang diterjunkan dalam pengamanan ini tersebar di Ring 1, yakni di lokasi area MXGP, sedangkan Ring 2 di lokasi jalur dan Walroulakir, dan Ring 3 untuk pengamanan di hotel-hotel. Ini sesuai dengan rencana pengamanan yang telah disusun oleh Biro Operasi (Ro Ops) Polda Babel,” ungkap Kabid Humas ditemui Rakyat Pos ketika di lokasi sirkuit MXGP, Minggu (5/3/2017).
Adapun yang bertindak sebagai Penanggung Kebijakan Pengamanan, yaitu Kapolda Babel Brigjen Pol Drs. Anton Wahono Sudarminto, sedangkan Wakapolda Kombes Pol Drs. Istiono sebagai Wakil Penanggung Jawab Kebijakan Pengamanan, Irwasda Kombes Pol Drs. Mustar Manurung SH selaku Kepala Pengawas Pengamanan, Karoops Kombes Pol Herry Nixon’s SIK sebagai Karendalpam, Dirsabhara Kombes Pol Drs. Edy Suryanto SH MH sebagai Kalakharpam dan Dirpamobvit Kombes Pol Yusman Wijaya SIK sebagai Wakalakharpam.
“Jumlah dalam pengamanan, Kalakharpam membawahi 5 Satgas, yaitu Satgas 1 Deteksi dipimpin Wadir Intel AKBP Rajendra Sumihar, Satgas 2 Preventif Wadir Lantas AKBP M.Yusuf SH, SIk, Satgas 3 Tindak dipimpin Kaden A Satbrimob AKBP Wasis Santoso SIK, Satgas 4 Gakkun dipimpin Wadir Reskrimum AKBP Firman Nainggolan SH MH dan Satgas 5 Banops dipimpin Kabidpropam AKBP Joas Feriko Panjaitan SIK,” jelasnya.
Abdul Mun’im menjelaskan, Satgas 2 yang merupakan Satgas Preventif tersebut terdiri atas Subsatgas Binmas, Subsatgas Sabhara, Subsatgas Lantas dan Subsatgas Pamobvit yang tersebar di beberapa titik, yaitu pam pintu masuk Gor, pam cek fisik tiket, pam posko, pam tread area, pam pos dalam, pam Gor Sahabudin, pam bandara, pam hotel, pam Pelabuhan Pangkalan Balam, pam parkir, pam pengawalan dan pam jalur.
“Satgas 3 ini merupakan Satgas Tindak Satbrimob yang terdiri atas Unit Jibom dan Unit Escape yang selalu berada di lokasi. Adapun Satgas 4 Gakkum terdiri atas personel Ditreskrimum dan Ditresnarkoba yang juga menyebar di lokasi-lokasi terutama lokasi parkir guna antisipasi kriminalitas curanmor. Sedangkan Satgas 5 ini merupakan Satgas Bantuan Operasi yang terdiri atas Subsatgas Sarpras, Subsatgas Propam, Subsatgas Tipol, Subsatgas Dokkes, Subsatgas Humas, Subsatgas Konsumsi dan Subsatgas Hely,” sebutnya.
Selain itu dikatakannya, ada 1 satuan setingkat kompi (SSK) sebanyak 111 personel yang terdiri atas Ditsabhara, Satbrimob dan Satsabhara Polres Bangka yang On Call di Posko Polda.
“Sewaktu waktu bisa cepat digerakkan jika diperlukan. Semua titik, baik di Ring 1, Ring 2 dan Ring 3 selalu dibawah pengamanan personel Polri, baik pengamanan bersifat terbuka maupun tertutup dengan diback up unsur TNI,” katanya.
Lebih lanjut, dia mengungkapkan, lokasi parkir juga dibawah pengawasan dan atau tunduk pada aturan Personel Polri dengan tujuan agar petugas parkir tidak hanya sekedar menarik tiket parkir saja, tapi juga harus menjaga dan mengamankan kendaraan yang diparkir sampai bubarnya penonton.
“Ini dilakukan oleh Polda demi tertibnya dalam pengaturan parkir dan guna menghindari kejadian curanmor. Bahkan Polda Kep. Babel pun juga mendirikan 3 menara di luar pagar seng atau di luar area MXGP guna memantau situasi pengamanan maupun penonton itu sendiri,” tandasnya. (bis/1)

Related posts