1.168 Orang Linmas Disiapkan Jaga 564 TPS

  • Whatsapp

Diberi Honor Rp400 Ribu
Bupati Minta Linmas Disiplin

SUNGAILIAT – Anggota Linmas Kabupaten Bangka bersiap untuk mengamankan Pemilihan Umum Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Pilgub Babel) tahun 2017. Penyerahan anggota Linmas ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara simbolis dilaksanakan di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, Rabu (8/2/2017).

Ketua KPU Kabupaten Bangka H. Zulkarnain mengatakan pada dasarnya saat ini penyelenggara Pilgub Babel 2017 sudah siap melaksanakan pemilihan pada 15 Februari mendatang. Untuk rekrutmen Linmas dilakukan pemerintah daerah dalam hal ini oleh Sat Pol PP yang nantinya setiap anggota Linmas berada koordinasi Ketua KPPS untuk Pilgub Babel 2017.

Ia mengatakan, di TPS nantinya akan ada dua orang linmas jadi ada 1.168 orang linmas dari 584 TPS di Kabupaten Bangka. Namun diakuinya, untuk Pilgub 2017 ini tidak ada pengadaan seragam linmas sehingga linmas bisa memakai seragam bebas pantas pada saat tugas nanti.

“Personil Linmas di Desa ternyata sangat terbatas, bahkan satu desa itu ada hanya dua sehingga tidak memenuhi TPS dan kita merekrut. Mereka dari KPU diberi honor Rp 400 ribu. Kami tidak ada anggaran untuk seragam Linmas. Jadi bisa memakai seragam bebas pantas atau jika ada seragam Linmas lama bisa digunakan,” sebut Zulkarnain.

Ditambahkannya, sejauh ini KPU Kabupaten Bangka telah menyiapkan berbagai hal untuk Pilgub Babel 2017, mulai dari personil penyelenggara pemilu hingga tingkat TPS. Selain itu telah melaksanakan bimbingan teknis untuk KPPS yang menjadi petugas pada TPS.

“Jadi selama bertahap kami sudah melakukan. Untuk logistik pemungutan suara sudah siap, 13 Februari akan didistribusikan ke PPS dan akan didistribusikan ke KPPS hari berikutnya,”sebut Zulkarnain.

Terkait tugas anggota Linmas salah satunya ia ingatkan, adalah menjaga sterilisasi keamanan TPS. Antara lain tidak diperkenankan saksi partai masuk ke area TPS. Selain itu tidak boleh juga ada atribut partai dan pasangan calon di lokasi TPS.

Sementara itu, Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana mengatakan, kepolisian telah melaksanakan tahapan pengamanan dengan mengundang berbagai personil lintas intansi. Secara keseluruhan pada intinya ia nyatakan, Polres Bangka siap mengamankan jalannya Pilkada serentak 2017.

Terkait Linmas yang secara struktural berada dibawah Sat Pol PP namun di dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan pemilu rujukan anggaran ada di KPU. Dalam hal ini nanti Linmas ada diantara 7 panitia dalam TPS sebagai tenaga pengamanan. Terkait apapun namanya nanti ia meminta anggota Linmas bertugas sebaik-baiknya dalam pengamanan TPS.

“Lancarnya pelaksanaan Pilkada terkait dengan tugas TPS, maupun petugas Linmas. Saya minta tolong segera mengetahui personil pengamanan masing-masing yang ditempatkan di TPS, karena ada polisi yang mengawasi TPS. Silahkan rekan-rekan berkomunikasi, dan sebelum pelaksanaan bertemu lah. Intinya kelancaran kegiatan ini ada pada komunikasi. Sekecil apapun permasalahan kalau ada komunikasi kita selesaikan sehingga tidak membesar,”kata Sekar.

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat mengharapkan anggota Linmas Kabupaten Bangka yang telah melaksanakan tugas dengan sejak pemilu, pilkada bupati, gubernur dan pemilu legislatif tahun lalu, juga melaksanakan tugas sebaik mungkin pada pelaksanaan Pilkada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Babel tanggal 15 Febuari 2017 nanti.

“Saya berharap para anggota Linmas dapat berkerja dengan setulus hati, disiplin, membantu pihak aparat keamanan saat pilkada nanti, hal ini dalam rangka pengabdian kepada negara dan sebagai rasa tanggungjawab, menjaga, menata di TPS masing-masing,” harap bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini berharap anggota Linmas harus menjunjung tinggi kedisiplinan dan juga menjaga penampilan sehingga memiliki wibawa saat menjaga keamanan di wilayahnya.

“Saya minta anggota linmas junjung tinggi kedisiplinan, serta penampilan, apabila ada yang rambutnya gondrong hendaknya digunting sehingga terlihat rapi, dan berwibawa” pinta Bupati.

Ditambahkan Bupati Bangka, keberadaan dan peran serta anggota Linmas Kabupaten Bangka yang tersebar di kecamatan se Kabupaten Bangka tidak hanya saat pelaksanaan Pilkada 2017 saja, tetapi peran serta secara terus menerus menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.

“Untuk itu, keberadaan anggota Linmas akan di data, menyangkut umur, pendidikan, dilakukan pembinaan, kita anggarkan untuk kelengkapan misal pakaian, sepatu dan untuk meningkatkan keterampilan perlu ada pelatihan, dan mereka akan berkerja sepanjang tahun dan untuk itu perlu perhatikan khusus keberadaan Linmas ini, karena mereka bertugas menjaga masyarakat, untuk itu nanti akan kita dianggarkan dalam APBdes atau APBD” tambah Bupati.(2nd/snt/10)

Related posts