1.154 Sekolah Sudah Terima Dana BOS

  • Whatsapp
Petugas KPPN Pangkalpinang saat melayani proses pencairan Dana BOS, Jumat (21/2/2020).(foto: istimewa).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), sudah mulai mengalir lebih cepat ke sekolah-sekolah. Sebanyak 1.154 Sekolah sudah menerima dana BOS tersebut.

Total dana BOS sebesar Rp88,38 miliar telah masuk ke 1.154 rekening sekolah penerima BOS melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Pangkalpinang pada Jum’at (14/2/2020) lalu.

Read More

Secara nasional, upaya mempercepat pencairan dana BOS dilakukan melalui 34 KPPN di setiap Ibu Kota Provinsi, yang pencairannya ditujukan langsung ke rekening sekolah penerima, di mana sebelumnya disalurkan seluruhnya melalui KPPN Jakarta II disalurkan ke rekening Kas Pemerintah Daerah (RKUD).

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharan, Esti Dwi Arvina mengatakan, total alokasi dana BOS tahun 2020 sebesar Rp50,08 triliun dan tercatat naik 10,7% dibandingkan tahun 2019 yang mendapatkan alokasi Rp46,87 triliun.

“Untuk Babel, alokasi Dana BOS sebesar Rp316,89 miliar dan akan dicairkan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan negara Pangkalpinang. Dan BOS tersebut terdiri dari terdapat tiga jenis dana BOS yaitu BOS Reguler, BOS Afirmasi dan BOS Kinerja,” jelasnya.

Penyaluran Dana BOS tahun 2020 telah mengalami perubahan kebijakan agar lebih cepat dan efektif. Perubahan mekanisme pencairan dana BOS, dimana pencairan yang sebelumnya dilakukan dari Kas Negara (RKUN) ke Kas Pemerintah Daerah (RKUD), berdasarkan PMK Nomor 9 tahun 2020 dana BOS disalurkan dari RKUN langsung ke Rekening Sekolah.

“Sekarang tahapannya berkurang menjadi tiga tahap. Untuk BOS Kinerja dan BOS Afirmasi disalurkan langsung sebesar 100% paling cepat pada bulan April,” ujar dia.

Kepala Kantor Wilayah Provinsi Bangka Belitung, Alfiker Siringoringo, mengharapkan semua pihak yang terlibat mempunyai semangat yang sama dan memperkuat sinergi untuk mengawal penyaluran dana BOS yang ada di Bangka Belitung ini. Sehingga program “Merdeka Belajar” sebagaimana kebijakan pendidikan nasional mampu terlaksana dengan baik.

“Seiring dengan perubahan mekanisme penyaluran dana BOS tahun 2020, agar seluruh sekolah dapat memanfaatkannya secara optimal, utamanya dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dana BOS Lancar, murid pintar, merdeka belajar,” pungkasnya .(nov/rls/3)

Related posts